Ruby: Belajar Penggunaan Variable #2

Assalamualaikum,

Diartikel sebelumnya kita sudah melalakukan instalasi Ruby di Windows (link: Ruby: Instalasi Ruby di Windows #1). Sesuai dengan janji diakhir paragraf, artikel kali ini yakni membahas bagaimana kita menggunakan variable di bahasa pemrograman Ruby.

Penggunaan variable di Ruby ini cukup simple dan sangat mudah. Beda dengan bahasa pemrograman lainnya yang harus menggunakan karakter khusus didepannya kemudian nama variablenya. Di bahasa pemrograman Ruby kalian langsung membuat nama variable tersebut.

Sebagai contoh perhatikan kodingan dibawah ini

maka yang akan tampil berdasarkan kodingan diatas adalah “Nama saya adalah Ryfan

Berikut penjelasan programnya
– Baris pertama sampai ke-tiga merupakan komentar
– Baris ke-lima kita mulai membuat variable. variable yang di baris ke lima ini adalah “nama” dimana isi dari variable tersebut adalah “Ryfan
– Baris ke-enam merupakan perintah untuk mencetak ke layar dengan sintaks “puts” kemudian boleh menggunakan kutip satu atau kutip dua, ingat ketika kita menggunakan kutip satu didepan, berarti ditutup juga dengan kutip satu dibelakang. Begitu juga sebaliknya apabila kita menggunakan petik dua sama dengan halnya harus ditutup dengan petik dua dibelakangnya. Untuk memasukan variable ke dalam sebuah sintaks untuk mencetak kita harus menggunakan #{isi variable} maka kita akan memanggil variable yang kita buat tadi ke dalam sebuah kalimat yang akan dicetak ke layar.

Dari kodingan program diatas merupakan contoh penggunaan variable dengan String, lalu bagaimana penggunaan variable dalam bentuk integer atau yang lainnya? Di Ruby penggunaan variable yang isinya number kita tidak perlu tanpa petik satu atau dua. Sebagai contoh berikut kodingan programnya

Hasil program diatas yakni : 5. Berikut penjelasan program diatas

– Baris pertama sampai ke-tiga merupakan komentar
– Baris ke-lima dan ke-enam kita mulai membuat variable. variable yang di baris ke-lima dan ke enam ini adalah “2” dan “3
– Baris ke-delapan adalah perintah untuk mencetak kelayar dengan perintah “puts a+b” yang akan menjumlahkan kedua variable tersebut.

Saat ini itulah contoh-contoh penggunaan variable di bahasa pemrograman Ruby dengan dua contoh diatas bisa kita simpulkan sementara bahwa penggunaan string dan number di variable bahasa pemrograman ini cukup mudah dan kita bisa membedakan cara untuk mencetak kode program variable kita bisa menggunakan berbagai macam.

Artikel ini akan diperbaharui sebagaimana contoh penggunaan variable dalam pemrograman ruby ada yang lain selain dua kodingan program contoh diatas. Artikel selanjutnya di kategori Ruby Programming ini akan membahas Ruby: Fungsi dan Parameter #3. Jadi tetap stay update ya di Ryfan.NET – Awesome blog, awesome for you..

Wassalamualaikum.

One Reply to “Ruby: Belajar Penggunaan Variable #2”

Comments are closed.