Pengenalan Jaringan Komputer: Pengertian, Konsep Dasar dan Manfaat.

jaringan komputer

Terima kasih telah datang di ryfan.net, kali ini dipostingan saya, saya ingin berbagi pengetahuan tentang jaringan komputer, dimulai dari apa itu jaringan komputer, konsep dasar jaringan komputer dan manfaat jaringan komputer. berikut ulasannya:

Pengertian

Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer yang saling berhubungan antara satu dan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan perangkat keras secara bersama (interkoneksi sejumlah komputer).

Konsep Dasar Jaringan Komputer

Suatu jaringan komputer terdiri atas:

  1. —Minimal terdiri dua buah komputer.
  2. Kartu jaringan (Network Interface Card / NIC) pada setiap komputer.
  3. Medium koneksi, yang menghubungkan kartu jaringan satu komputer ke komputer lainnya, biasa disebut sebagai medium transmisi data, bisa berupa kabel maupun nirkabel atau tanpa-kabel (wireless seperti radio, microwave, satelit, dsb).
  4. Perangkat lunak sistem operasi jaringan (network operating system software/NOSS) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan sistem jaringan, misalnya: Microsoft Windows 2000 server, Microsoft Windows NT, Novell Netware, Linux, dan sebagainya.
  5. Peralatan interkoneksi seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway, apabila jaringan yang dibentuk semakin luas jangkauannya.

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat dari jaringan komputer adalah:

  1. —Dapat saling berbagi sumber daya (resource sharing) peralatan (devices) secara bersama seperti harddisk, printer, modem, dll, tanpa harus memindahkan peralatan-peralatan tersebut kepada yang membutuhkan.
    Dengan demikian terjadi peningkatan efesiensi waktu dalam operasi dan biaya pembelian hardware.
  2. Dapat saling berbagi (sharing) penggunaan file atau data yang ada pada server atau pada masing-masing workstation.
  3. Aplikasi dapat dipakai bersama-sama (multiuser).
  4. —Akses ke jaringan memakai nama, password dan pengaturan hak untuk data-data rahasia, sehingga masing-masing pengguna memiliki otorisasi.

Sekian postingan mengenai pengenalan jaringan komputer, semoga bermanfaat

Referensi: http://dosen.gufron.com/artikel/pengenalan-jaringan-komputer/21/

Leave a Reply

Your email address will not be published.